Layanan Telematika
1. Layanan Informasi
Layanan informasi telematika adalah layanan yang diberikan ke berbagai sasaran layanan agar individu
agar dapat memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan
perkembangannya. Informasi dapat disajikan dalam berbagai format
seperti: teks, gambar, audio, maupun video. Contoh pada layanan
ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaran bergerak
seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung misalnya GPS.
2. Layanan Kemanan
Layanan kemanan telematika adalah Layanan yang menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan
informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang serta dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
3. Layanan Context-Aware dan Event-Base
Layanan Context-aware telematika adalah perangkat komputer yang memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap
lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu
yang tersimpan di dalam perangkat. kemampuannya yaitu untuk memahami si user, network, lingkungan, dan
dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan.
4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber telamatika adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia. Sumber daya manusia dalam telematika adalah
orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi,
media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan
pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya. Pengembangannnya ditujukan untuk
meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan sumberdaya manusia dalam telematika dengan
tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan
meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Teknologi yang Terkait Antar Muka Telematika
1. Head Up Display System
HUD System adalah Tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. Pengguna dapat melihat informasi
dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan
daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen.
2. Tengible User Interface
TUI adalah sebuah antar muka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan
informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu
teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital melalui
manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem
tersebut. Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak lagi digunakan.
3. Computer Vision
Computer Vision adalah proses otomatis yang mengintegrasikan sejumlah besar proses untuk
persepsi visual, seperti akuisisi citra, pengolahan citra, pengenalan
dan membuat keputusan. Computer vision mencoba meniru bagaimana cara
kerja sistem visual manusia (human vision) yang sebenarnya sangat
kompleks.Objek dilihat oleh manusia dengan indra penglihatan/ mata.
kemudian citra objek dilanjutkan ke otak untuk diinterpretasi sehingga
manusia dapat mengerti objek apa yang terlihat dalam pandangan
penglihatannya.
4. Browsing Audio Data
Browsing audio data adalah metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio
data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal
digabungkan ke LAN (local area network) untuk mendeteksi IP kamera.
5. Speech Recognition
Speech recognition adalah proses konversi sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh microphone
atau telepon, untuk merangkai kata-kata. Kata-kata yang dikenali bisa
jadi sebagai hasil akhir, untuk sebuah aplikasi seperti command &
control, penginputan data, dan persiapan dokumen.
6. Speech Synthesis
Speech synthesis adalah sebuah kemampuan bicara manusia yang dibuat oleh manusia (artificial).
Sebuah sistem komputer digunakan untuk tujuan ini yang disebut sebagai
speech synthesizer, dan dapat diimplementasikan ke dalam software atau
hardware. Sebagai contoh sebuah sistem text-to-speech (TTS) yang dapat
mengkonversikan teks dengan bahasa biasa menjadi suara.
0 komentar:
Posting Komentar